Menulis Baik Itu??

Menulis Baik Itu??

Assallammualaikum teman-teman bg syams

Malam ini bg syams ingin sedikit berbagi nihh, diantara kita mungkin pernah bingungkan atau bahkan mungkin pernah bertanya-tanya didalam hati. Bagaimana sih menulis?? apakah sih menulis itu?? seperti apa sih tulisan yang baik itu?? ciri-cri  tulisan  baik itu seperti apa ya?? mungkin ini yang sering ada dikepala kita semuanya.. terutama buat bg syams sendiri. Bg syams aja sering bertanya-tanya, apakah tulisan yang ditulis ini sudah betul ya??  apakah tulisan ini bisa diterima ya?? dan bahkan diantara penulis juga bisa beda-beda cara memandang tulisan yang baik itu bagaimana??

Nah biar tidak tambah penasaran bg syams ingin sedikiti kupas nih, menulis itu bagaimana ya??

ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penulis:
1) Memilih judul tulisan
       Ada beberapa padanga mengenai masalah ini bahwa judul menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum menulis. judul berkaitan dengan kemeneraikan judul yang dapat menarik minat pembaca. saran untuk sahabat bg syams dalam memilih judul sebaiknya harus pendek ringkas mudah dipahami, serta judul harus mengena mengenai apa yang akan di tulis. selain itu judul juga harus memiliki nilai tambah terhadap yang ingin disampaikan. menurut Jauhari (2007:217) bahwa dalam membuat judul harus provokatif, singkat padat, relevan, fungsional, dan informal. jadi judul menjadi modal sebagai ide yang akan kita tulis.
2) ide
     Ide menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kita menulis karena dengan adanya ide kita akan memahami apa yang ingin kita capai dari yang kita tulis. Kusminatun (2019) bahwa ide merupakan gagasan yang ada didalam pikiran manusia yang dituangkan dalam sebuah tulisan yang akan memiliki makna. jadi ide bisa kita artikan sebagai sebuah cerminan pikiran seseorang yang dituangkan dengan sebuah pena yang akhirnya akan memiliki arti atau bisa juga disebut ide adalah terapan dari sebuah imajinasi kedalam sebuah tulisan yang kemudian akan memiliki arti yang sesunggunya.
3) Bahasa
       Dalam sebuah tulisan tentu bahasa menjadi modal awal seorang penulis dalam menuangkan ide yang didapat sehingga mudah dipahami pembaca apa yang harus diperhatikan. ternyata bahasa, bahasa yang baik dalam menulis adalah bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.bahasa menjadi penting karena bila penulisa bahasa tidak tepat maka akan menimbulkan bahasa itu menjadi tidak efektif. salah satu cara  dalam menggunakan bahasa yang menarik dalam tulisan berupa, ejaannya benar, penulisan/pemilihan katanya tepat, dan pembentukan katanyanya tepat serta sistematikan pembehasannya benar (Umar, 2017).
4) sistematika penulisannya benar
     Tentu ini yang menjadi permasalahan kita semua bahwa tulisa yang kita tulis terkadang sistematikan penulisannya kurang tepat. Hal yang harus diperhatikan dalam sebuah tulisan adalah sistematika penulisan.

Dari beberapa langkah tersebut mungkin masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis berupa lebih banyak membaca referensi atau tulisan lain untuk menambahkan referensi.

Daftar Rujukan

Jauhari, Heri. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Artikel, Resensi, Laporan, Makalah, Proposal, Skripsi, Tesis. Bandung: Pustaka Setia.
Kusmiatun, Ari. 2019. Konsep Dasar Menulis.  (online)  15/ 03/ 2019 dirujuk http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296144/pendidikan/KONSEP+DASAR+MENULIS.pdf.
Umar, Azhar. 2017. Kaidah Bahasa Indonesia. (online) 15/ 03/ 2019 dirujuk https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/bindo/BAB-IV-Kaidah-Bahasa-Indonesia.pdf.

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !