Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar


Pelaksanaan pembelajaran tematik yang diterapkan di sekolah dasar dengan harapan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik, selain itu juga yang ditekankan dalam pembelajaran tematik ialah mengembangkan berbagai aspek dalam diri peserta didik, berupa dapat mengntrol emosi, koordinasi antara tangan dan mata, dapat berkopetinsi dengan teman sebaya, mampu berbagi serta mandiri, belajar untuk mengambil keputusan, kemudian peserta didik melakukan pengurutan unsur-unsur benda atau mampu mengelompokan benda dengan jelas tanpa ada keraguan,  mengelompokkan objek yang didapatkannya melalui pembelajaran, dan peserta didik belajar dengan menyenangkan. Pembelajaran tematik memuat konsep bahwa belajar dengan satu tema memuat berbagai hal yang dapat dipelajari sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran. Pada pembelajaran tematik juga menekankan pada kreativitas, memperhatikan pengalaman siswa, anak mengkontruksi pengetahuan melalui interaksi dengan objek dan fenomena, serta proses yang dilakukan juga menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif.

Menurut Kosasih (2016) secara sederhana pembelajaran pembelajaran tematik dikembangkan untuk mendorong siswa: (1) mengembangkan pengetahuan dan selalu berpikir analitis serta kritis, (2) mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan memahami diri dalam menguasai keterampilan pada aktivitas belajar yang akan mendorong partisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, (3) mampu mengidentifikasi, (4) mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dengan  berbagai macam cara, dengan tetap memperhatikan aspek-aspek sosialnya, (5) mengaplikasikan materi-materi pembelajaran dan partisipasi aktif dalam berbagai proses pembelajaran.

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !